Hindari Pertemuan untuk Cegah Penularan Covid-19, Kementerian PANRB Maksimalkan Konsultasi dengan K/

Hindari Pertemuan untuk Cegah Penularan Covid-19, Kementerian PANRB Maksimalkan Konsultasi dengan K/

Pertumbuhan Covid-19 secara masif tengah mengganggu berbagai negara di seluruh dunia. Berbagai upaya telah dilakukan untuk menangkal penyebaran virus corona. Merespon hal ini, Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi telah mengeluarkan aturan untuk Work From Home bagi seluruh ASN di Indonesia.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menghimbau agar seluruh Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah melakukan penyesuaian sistem kerja bagi ASN melalui pelaksanaan tugas kedinasan di rumah/tempat tinggal (work from home). Hal ini dihimbau agar dilaksanakan oleh seluruh ASN dengan mempertimbangkan penetapan status darurat bencana pada provinsi/kabupaten/kota dimana instansi pemerintah berlokasi.

Sejalan dengan ini, Menteri PANRB, Tjahjo Kumolo juga berharap, setiap Instansi Pemerintah dapat memastikan ASN di lingkungan Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah dapat mencapai sasaran kerja dan memenuhi target kinerja sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang mengatur mengenai disiplin pegawai.

Sementara kegiatan harus terus dilakukan, tetapi pertemuan langsung belum bisa dilaksanakan, Virtual Meeting atau Video Conference pun menjadi jawaban. Kementerian PANRB, melalui Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana, terus membuka kesempatan bagi ASN di seluruh Indonesia untuk melaksanakan kegiatan konsultasi SPBE secara jarak jauh. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa pertumbuhan pelaksanaan SPBE di setiap instansi pemerintah tetap berjalan.

Selama bulan maret 2020, tercatat 56 (lima puluh enam) instansi pemerintah yang mengikuti program konsultasi SPBE dengan Kementerian PANRB. Hingga berita ini dimuat, Konsultasi SPBE ini masih diselenggarakan sebagai wadah komunikasi bagi para ASN untuk menggali pengetahuan tentang pelaksanaan SPBE terutama untuk pelaksanaan evaluasi SPBE di tahun 2020. (nug/ASDEP SPBE)