TENTANG EVALUASI SPBE 2020

Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik merupakan kegiatan untuk melakukan sebuah penilaian yang digunakan untuk mengukur kemajuan pelaksanaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik pada Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah. Tujuan dilakukannya Evaluasi SPBE 2020 adalah sebagai berikut.

Capaian Kemajuan

Mengetahui capaian kemajuan pelaksanaan SPBE pada Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah

Saran Perbaikan

Memberikan saran perbaikan untuk peningkatan kualitas pelaksanaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik

Menjamin Kualitas

Menjamin kualitas pelaksanaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik pada Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah

Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah

Kegiatan Evaluasi Mandiri SPBE dilakukan oleh Tim Evaluator Internal Masing-masing K/L/D

13 Juli - 30 Agustus 2020

Kegiatan Evaluasi Mandiri SPBE dilakukan dari mulai 13 Juli 2020 hingga batas unggah dokumen evaluasi pada tanggal 30 Agustus 2020

130 Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah

Kegiatan Evaluasi SPBE tahun ini diikuti oleh 130 Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah

Tenang, Ada Panduannya

Panduan Lengkap tentang Pelaksanaan Evaluasi Mandiri SPBE ada pada Bagian Dokumen, silahkan diunduh & dipelajari. Terima kasih

Batas Waktu Pengumpulan

ALUR PROSES EVALUASI MANDIRI K/L/D

Berikut ini merupakan alur proses kegiatan yang dilakukan oleh K/L/D dalam hal Kegiatan Evaluasi Mandiri SPBE 2020

1. Memahami Konsep

Tim evaluator internal memahami konsep dan metodologi evaluasi

2. Menyampaikan Bukti Dukung

Unit/Kerja atau perangkat daerah terkait, melalui Tim Evaluator Internal, memberikan jawaban, penjelasan, dan bukti pendukung.

3. Verifikasi Bukti Dukung

Tim evaluator internal melakukan reviu/verifikasi terhadap data-data atas jawaban, penjelasan, dan bukti pendukung.

4. Merumuskan Penilaian

Tim Evaluator Internal merumuskan penilaian setiap indikator berdasarkan jawaban, penjelasan, dan bukti pendukung.

5. Finalisasi Hasil

Tim Evaluator Internal, melalui Supervisor, menyampaikan hasil evaluasi mandiri kepada Sekretaris K/L/D untuk persetujuan.

6. Menyampaikan Hasil

Tim Evaluator Internal melalui Supervisor menyampaikan hasil evaluasi mandiri yang telah disetujui oleh Sekretaris K/L/D kepada Kementerian PANRB.

TAHAPAN EVALUASI MANDIRI K/L/D

Berikut adalah tahapan pelaksanaan Kegiatan Evaluasi Mandiri SPBE. Klik pada Tahap dan Kegiatan untuk melihat detail penjelasan

Sekretaris K/L/D atau pejabat yang memimpin unit sekretariat menetapkan anggota tim evaluator internal terdiri atas:
1. Penanggung jawab (supervisor) dari unsur pejabat, ditunjuk satu orang pejabat dari Tim Evaluator Internal yang bertugas mengoordinasikan aktivitas tim evaluator internal, mempersiapkan sarana dan prasarana evaluasi, memberikan saran perbaikan dan persetujuan atas jawaban, penjelasan, dan bukti pendukung kepada anggota tim evaluator internal, dan bertanggung jawab terhadap proses evaluasi mandiri agar berlangsung efektif dan efisien.
2. Pelaksana entri data (operator), ditunjuk satu orang Pejabat/Pegawai dari Tim Evaluator Internal yang bertugas Mengumpulkan dan mendokumentasikan data, informasi, dan bukti pendukung pada proses evaluasi mandiri, Mengumpulkan dan mendokumentasikan penjelasan rumusan penilaian terkait pertanyaan pada kuesioner, Melaporkan jawaban, penjelasan, dan bukti pendukung kepada penanggung jawab (supervisor) untuk mendapatkan saran perbaikan atau persetujuan, dan Memasukkan data atas jawaban, rumusan penilaian, dan bukti pendukung pada kuesioner.
3. Anggota Tim Evaluator Internal dari Unit Kerja/Perangkat Daerah, yang terdiri dari Pejabat/pegawai yang berasal dari unit kerja/perangkat daerah yang menjalankan fungsi terkait dengan indikator-indikator evaluasi SPBE, antara lain: • Proses bisnis pemerintahan; • Organisasi dan ketatalaksanaan; • Hukum; • Teknologi informasi dan komunikasi; • Perencanaan; • Akuntabilitas kinerja; • Penganggaran; • Keuangan; • Pengadaan; • Kepegawaian; • Kearsipan; • Pengawasan; • Pelayanan publik. Tim evaluator internal keseluruhan memiliki tugas untuk memahami konsep dan metodologi pelaksanaan evaluasi, mempersiapkan instrumen evaluasi yang ditetapkan oleh Kementerian PANRB, Melakukan evaluasi mandiri dengan memberi jawaban, penjelasan dan bukti pendukung, melaksanakan evaluasi dokumen, wawancara, dan/atau observasi lapangan di lingkungan internal K/L/D, dan Menyusun dan menyampaikan laporan kepada Sekretaris Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah.

Lokasi: Instansi masing-masing.

Penyusunan jadwal pelaksanaan evaluasi mandiri, Penyiapan instrumen evaluasi antara lain kuesioner dan pedoman evaluasi & penyiapan sarana dan prasarana evaluasi mandiri.

Lokasi: Instansi masing-masing.

Tim evaluator internal melakukan sosialisasi internal kepada unit kerja terkait.

Lokasi: Instansi masing-masing.

Tim evaluator internal K/L/D melakukan penilaian terhadap jawaban atau tanggapan dan bukti-bukti pendukung yang diberikan oleh Unit Kerja/Perangkat Daerah terkait.

Lokasi: Instansi masing-masing

Tim evaluator internal K/L/D dapat menanyakan atau melakukan klarifikasi kepada Unit Kerja/Perangkat Daerah terkait terhadap jawaban, penjelasan dan bukti-bukti pendukung yang disampaikan.

Lokasi: Instansi masing-masing

Tim evaluator internal K/L/D dapat melakukan kunjungan/ visitasi ke Unit Kerja/Perangkat Daerah terkait untuk melakukan validasi terhadap hasil penilaian, penjelasan dan bukti-bukti yang disertakan.

Lokasi: Instansi masing-masing

Suprevisor mengkonsolidasikan hasil evaluasi mandiri dari tim evaluator eksternal untuk dilakukan verifikasi dan validasi, kemudian melakukan review yang kemudian melaporkan kepada sekretaris K/L/D untuk mendapatkan persetujuan

Lokasi: Instansi masing-masing

Penanggung jawab (supervisor) menyampaikan hasil evaluasi mandiri yang telah mendapatkan persetujuan dari sekretaris K/L/D kepada Kementerian PANRB sesuai dengan mekanisme yang ditentukan dalam Aplikasi untuk kemudian ditindaklanjuti pada tahapan evaluasi eksternal.

Lokasi: Instansi masing-masing

Dukungan

Kementerian PANRB melakukan Evaluasi SPBE bersama dengan 6 Perguruan Tinggi sebagai Evaluator Eksternal

Dokumen Evaluasi SPBE Tahun 2020

Untuk keperluan Evaluasi SPBE di instansi masing-masing, silahkan mengunduh dokumen pada link berikut. Klik untuk mengunduh pada masing-masing judul file. Sebagian dokumen baru tersedia saat pelaksanaan Sosialisasi Evaluasi SPBE

Kontak Kami

Sampaikan Saran, Kritik, dan Pertanyaan

Website ini hadir untuk memberikan layanan informasi kepada semua Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah tentang mekanisme dan berbagai ketentuan umum mengenai Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Nasional 2020. Anda adalah unsur penting bagi keberhasilan penyelenggaraan SPBE di Negeri ini. Sampaikan saran, kritik, dan pertanyaan kepada kami, demi pelaksanaan SPBE yang lebih baik. Terima Kasih.


Kontak

  • Jl. Sudirman Kv. 69, Jakarta Selatan, DKI Jakarta
  • asdep2balaks[at]menpan[dot]go[dot]id
  • (+6221) 7398381 - 89 EXT. 2111

FREQUENTLY ASKED QUESTIONS (FAQ)

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan berkaitan dengan pelaksanaan Evaluasi SPBE Tahun 2020

1. Bagaimana dengan pelaksanaan evaluasi SPBE Tahun 2020?

Evaluasi SPBE Tahun 2020 hanya dilakukan terhadap 130 Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah yang dipilih menjadi lokus Evaluasi SPBE tahun ini. Informasi mengenai daftar K/L/D terdapat pada lampiran Surat Pelaksanaan Evaluasi SPBE I dan II yang dapat diunduh pada bagian Dokumen.

2. Bagaimana dengan K/L/D yg tidak termasuk dalam daftar lokus tersebut?

K/L/D yang tidak termasuk dalam lokus tersebut dapat melakukan evaluasi mandiri secara internal sesuai dengan kebutuhan instansi dan dapat fokus mempersiapkan pelaksanaan Evaluasi SPBE di tahun 2021 dengan instrumen baru.

3. Apakah K/L/D diluar lokus tersebut dapat mengajukan evaluasi eksternal?

Dengan memperhatikan berbagai keterbatasan, baik dari segi waktu hingga ketersediaan anggaran sebagai dampak pandemi covid-19, verifikasi/klarifikasi eksternal di luar 130 K/L/D tersebut tidak memungkinkan untuk dilakukan.

4. Bagaimana dengan kualitas hasil Evaluasi Mandiri?

Kualitas hasil Evaluasi Mandiri sangat tergantung dari kualitas pelaksanaan evaluasi SPBE yang dilakukan secara internal di masing-masing K/L/D. Untuk menjamin kualitas dan objektifitas penilaian, Tim Evaluator Internal K/L/D dapat melakukan tahapan evaluasi dokumen, wawancara dan observasi menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing instansi.

5. Apakah Instansi dapat melakukan evaluasi eksternal dengan anggaran sendiri?

Evaluator eksternal yang valid merupakan evaluator yg telah ditetapkan oleh Menteri PANRB pada tahun berjalan yang ketersediaannya menyesuaikan dengan kebutuhan kegiatan yang telah kami tetapkan. Untuk itu kami tidak dapat memenuhi alternatif tersebut, karena waktu yang tersedia untuk kegiatan evaluasi sudah sangat ketat.

6. Bagaimana dengan instrumen evaluasi SPBE yang baru?

Saat ini instrumen tersebut sudah selesai tahap harmonisasi dan dalam proses penetapan di Kementerian Hukum dan HAM, dalam waktu dekat akan segera kami sosialisasikan/publikasikan.

Kegiatan Monitoring & Evaluasi SPBE 2020

Berikut merupakan Kegiatan Monitoring dan Evaluasi SPBE tahun ini.