TENTANG PILOTING

Pemerintah mengupayakan
capaian indeks SPBE Nasional
selalu bergerak naik.

Itu artinya Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah di seluruh wilayah Indonesia yang sudah menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dapat meningkatkan kualitas pelaksanaannya. Untuk mencapai target tersebut, Kementerian PANRB akan melakukan asistensi dan piloting kepada Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah dalam rangka perbaikan penerapan SPBE.

TENTANG PILOTING

Kegiatan Piloting SPBE ini bertujuan untuk meningkatkan penerapan SPBE,

khususnya pada domain kebijakan SPBE, pelaksanaan tata kelola SPBE, dan penerapan layanan SPBE. Hal-hal yang dibahas dalam Kegiatan Piloting SPBE ini akan meliputi materi tentang semua indikator evaluasi, saran tindak lanjut dari hasil evaluasi, serta perbaikan tingkat kematangan penerapan SPBE masing-masing instansi. Diharapkan, dengan terselenggaranya Kegiatan Piloting ini, akan meningkatkan indeks SPBE nasional, meningkatkan pelayanan administrasi pemerintahan, serta dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik secara keseluruhan. Output dari Kegiatan Piloting ini adalah seluruh Pemerintah Prov/Kab/Kota yang terlibat mampu menyusun rancangan kebijakan SPBE.

TENTANG VIDEO

Sektor pelayanan publik
yang merupakan salah satu sasaran utama reformasi birokrasi

harus ditumbuhkan secara progresif, baik kualitas maupun kuantitas. Tata kelola pemerintah yang masih silo dalam penerapan SPBE berdampak pada tidak terintegrasinya sistem aplikasi milik instansi pemerintah maupun lembaga, serta berakibat pada pemborosan anggaran. Dengan integrasi, diharapkan dapat meningkatkan efisiensi sehingga dapat menumbuhkan kepercayaan, kepuasan, bahkan meningkatkan kebahagiaan masyarakat.

Lebih lengkap, tonton ketiga videonya!

Subscribe
Narasumber 01

Dr. Eng. Imam Machdi, M.T

Asdep Perumusan Kebijakan dan Koordinasi Pelaksanaan Sistem Administrasi Pemerintahan dan Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

Narasumber 02

Ugi Cahyo Setiono, S.Kom.

Kepala Bidang Penyiapan Perumusan Kebijakan Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

Narasumber 03

Instruktur dari 5 Perguruan Tinggi

Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Telkom, Universitas Gunadarma, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.

Narasumber 04

Perwakilan dari 5 Provinsi

Pemerintah Daerah Istimewa Aceh, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

PERTEMUAN PERTAMA
No. Materi Narasumber Tempat Waktu
01 Paparan Monitoring dan Evaluasi SPBE Kementerian PANRB Masing-masing Provinsi Hari Pertama
02 Tindak Lanjut Evaluasi SPBE Kementerian PANRB Masing-masing Provinsi Hari Pertama
03 Materi Piloting I : Kebijakan Internal dan Tata Kelola Kelembagaan Instruktur Masing-masing Provinsi Hari Pertama
04 Materi Piloting II : Kebijakan Internal dan Tata Kelola Strategi dan Perencanaan Instruktur Masing-masing Provinsi Hari Pertama
05 Materi Piloting III : Kebijakan Internal dan Tata Kelola TIK Instruktur Masing-masing Provinsi Hari Pertama
06 Materi Piloting IV : Layanan Administrasi Pemerintahan Instruktur Masing-masing Provinsi Hari Pertama
07 Materi Piloting V : Layanan Publik Instruktur Masing-masing Provinsi Hari Pertama
08 Penyusunan Kebijakan Internal (Identifikasi Isu & Diskusi) Instruktur Masing-masing Provinsi Hari Kedua
09 Pemaparan Rencana Aksi Tindak Lanjut SPBE Masing-masing Pemda Instruktur Masing-masing Provinsi Hari Kedua
Output : Rencana Aksi Tindak Lanjut SPBE masing-masing Pemerintah Prov/Kab/Kota
Aktualisasi Penyusunan Rancangan Kebijakan SPBE
---
PERTEMUAN KEDUA
No. Materi Narasumber Tempat Waktu
01 Penyampaian Aktualisasi Peningkatan Indikator Kebijakan Internal SPBE Instruktur Masing-masing Provinsi Hari Pertama
02 Pembahasan Draft Kebijakan Hasil Aktualisasi Instruktur Masing-masing Provinsi Hari Pertama
03 Pengumpulan Output Peningkatan yang Dihasilkan Kementerian PANRB Masing-masing Provinsi Hari Kedua
Output: Draft Kebijakan internal SPBE Masing-masing Pemerintah Prov/Kab/Kota

Dukungan

Kegiatan Piloting SPBE 2019 ini dapat terselenggara dengan dukungan dari 5 Pemerintah Provinsi dan 5 Perguruan Tinggi.

Frequently Asked Questions

Pegawai Instansi atau Unit Apakah yang Sebaiknya Hadir?

Piloting SPBE akan dilakukan pada 3 Domain yaitu Kebijakan Internal, Tata kelola, dan Layanan SPBE. Oleh karena itu dapat dipertimbangkan dan disesuaikan pada instansi atau unit yang bersangkutan dimana pegawai yang ditugaskan menguasai ketiga Domain tersebut.

Apakah pejabat eselon 1 atau eselon 2 perlu hadir?

Dikarenakan pendampingan pada kegiatan piloting akan bersifat teknis maka pegawai yang ditugaskan untuk hadir sebaiknya menduduki jabatan eselon 3, eselon 4, atau staf.

Apa Saja yang Perlu Dibawa Peserta Dalam Kegiatan Piloting ini?

Hasil Evaluasi SPBE Tahun 2018 masing-masing instansi dan Laptop.

Kontak Kami

Anda adalah unsur penting bagi keberhasilan penyelenggaraan SPBE di Negeri ini.
Sampaikan saran dan kritik kepada kami melalui saluran berikut ini,
demi pembangunan SPBE yang lebih baik. Terima Kasih.

asdep2balaks[at]menpan[dot]go[dot]id

(+6221) 7398381 - 89 EXT. 2111