AKSI SPBE #2 - SOSIALISASI PERMENPANRB NO. 5 TAHUN 2020 TENTANG MANAJEMEN RISIKO SPBE

AKSI SPBE #2 - SOSIALISASI PERMENPANRB NO. 5 TAHUN 2020 TENTANG MANAJEMEN RISIKO SPBE

Dalam rangka menjamin pencapaian tujuan dan keberlangsungan dari SPBE, penetapan dan sosialisasi Pedoman Manajemen Risiko SPBE telah dilakukan sebagai upaya strategis dalam membangun pondasi penerapan Manajemen SPBE yang digunakan sebagai acuan pelaksanaan Manajemen Risiko SPBE pada instansi pemerintah. Langkah selanjutnya yang mutlak dibutuhkan adalah penerapan dari Manajemen Risiko SPBE itu sendiri melalui serangkaian proses sistematis untuk mengelola risiko SPBE di Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah.

Proses Manajemen Risiko SPBE tersebut hendaknya menjadi bagian dari proses pelaksanaan tugas dan fungsi Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah dalam pengambilan keputusan di tingkat strategis, operasional, dan penerapan SPBE. Oleh sebab itu, penerapan Manajemen Risiko SPBE dapat disesuaikan dengan kondisi Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah masing–masing. Penerapan Manajemen Risiko SPBE bertujuan untuk memberikan dasar yang kuat dalam perencanaan dan pengambilan keputusan, meningkatkan optimalisasi pemanfaatan sumber daya SPBE, meningkatkan kepatuhan kepada peraturan dalam penerapan SPBE, dan menciptakan budaya sadar Risiko SPBE bagi pegawai ASN.

Agar penerapan Manajemen Risiko SPBE dapat diimplementasi dengan baik, diperlukan peran serta seluruh pihak baik internal Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah maupun pemangku kepentingan lain. Koordinasi dan kolaborasi yang baik dengan seluruh elemen termasuk sistem yang telah berjalan di Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah menjadi kunci keberhasilan penerapan Manajemen Risiko SPBE.

TUJUAN

1. Mengenalkan pedoman manajemen risiko SPBE sebagai panduan dalam melaksanakan manajemen risiko di instansi pusat dan pemerintah daerah.
2. Meningkatkan penyajian informasi Risiko SPBE yang memadai, optimalisasi pemanfaatan sumber daya SPBE, kepatuhan, dan budaya sadar risiko SPBE di Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah dalam penerapan SPBE.

UNIT KERJA YANG BERPARTISIPASI

1. Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana, Kementerian PANRB.

2. Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik, Kementerian PANRB

3. Biro Manajemen Kinerja Organisasi dan Kerjasama, Kementerian PANRB

4. Telkom University

TEMA KEGIATAN

Tema kegiatan yang diangkat merupakan Pelaksanaan Manajemen Risiko SPBE di Instansi Pusat dan Pemerintah daerah, dengan lingkup pembahasan yang mencakup Kerangka kerja Manajemen Risiko SPBE;

WAKTU PELAKSANAAN
  • Hari :Rabu, 6 Mei 2020
  • Waktu : 09.00 WIB
  • Tempat : Video Conference, Live Streaming
PENANGGUNG JAWAB KEGIATAN

Penanggung jawab kegiatan ini adalah pimpinan unit kerja eselon 2 pada Asisten Deputi Perumusan Kebijakan dan Koordinasi Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

DOKUMEN KEGIATAN

Dokumen Kegiatan AKSI SPBE #1 dapat diunduh pada halaman Dokumen SPBE dengan mencari keyword ‘AKSI SPBE #1’ ataupun dapat diunduh juga di website menpan.go.id pada tautan berikut ini.

VIDEO TAYANGAN